Cute Rocking Baby Monkey MATEMATIKA masa kini: PENEMU DALAM ILMU MATEMATIKA

Halaman

Sabtu, 08 Februari 2014

PENEMU DALAM ILMU MATEMATIKA

BEBERAPA MATEMATIKAWAN ,antara lain


 
1. Thales (624-550 
     Matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi, dimana tradisi ini menjadi lebih jelas setelah dijabarkan oleh Euclid. Landasan matematika sebagai ilmu terapan rupanya sudah diletakkan oleh Thales sebelum muncul Phytagoras yang membuat bilangan.

2. Phytagoras (624-550 SM) 
     Phytagoras adalah orang yang pertama kali mencetuskan aksioma-aksioma, postulat-postulat yang perlu dijabarkan terlebih dahulu dalam mengembangkan geometri. Phytagoras bukan orang yang menemukan suatu teorema phytagoras namun dia berhasil membuat pembuktian matematis.

3. Euclides (325-265 SM) 
     Euclides disebut sebagai “Bapak Geometri” karena menemukan teori bilangan dan geometri. Subyek yang dibahas adalah bentuk-bentuk, teorema phytagoras, persamaan dalam aljabar, lingkaran, tangent, geometri ruang, teori proporsi dan lain-lain. Alat-alat temuan Euclides antara lain mistar dan jangka.

4. Archimedes (287-212 SM) 
     Archimedes adalah ahli matematika sepanjang zaman dan di zaman kuno. Dia mengaplikasikan prinsip fisika dan matematika, ia juga menemukan perhitungan pi dalam menghitung luas lingkaran.
 
 
5. Diophantus (250-200 SM) 
Diophantus merupakan “Bapak Aljabar” bagi Babilonia yang mengembangkan konsep-konsep aljabar Babilonia. Karya besar Diophantus berupa buku aritmatika, dan buku karangan pertamanya tentang sistem aljabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar